16 Juli 2020

Ada Dua Kemungkinan dengan Berani Mencoba

Ada Dua Kemungkinan dengan Berani Mencoba

Sampai kapanpun kita tidak akan pernah tahu suatu hal sebelum mencobanya, meskipun hanya hal unfaedah sekalipun. Selama itu pula rasa penasaran selalu menghantui dan bahkan yang lebih parah lagi muncul rasa menyesal karena belum sempat atau tidak mencobanya sama sekali. Btw, yang dimaksud disini mencoba hal baru yang positif lho ya... jangan kemana-mana mikirnya. Disitu aja, masih corona! Hiyaa...

Sebagai contoh sederhana saja, kita tidak akan pernah tahu bahwa garam itu rasanya asin atau gula itu rasanya manis jika lidah tidak pernah mencicipinya. Walaupun mungkin ada beberapa yang mengatakan "Untuk mengetahuinya kita tidak perlu mencobanya, kan bisa mendapat informasi dari orang lain yang pernah mencobanya" Haiisss... iya sih itu bener...

Tapi, jadinya kita hanya sekedar ikut-ikutan saja kan? Bisa juga informasinya salah atau orang lain itu berbohong. Mending kita buktikan sendiri untuk mengetahuinya. Dengan mencobanya sendiri secara langsung, akan ada sensasi yang berbeda dibanding hanya ikut-ikutan pendapat orang lain. Percaya deh! Selain itu, kita juga mendapatkan pengalaman baru.

Sesuatu yang besar terjadi karena ada keberanian yang tinggi untuk mencoba. Ikutilah kata hatimu untuk mencoba hal baru yang membuat kualitas diri meningkat. Jika ingin menjadi musisi, cobalah berlatih dan membuat karya terhebatmu untuk menjadi musisi. Jika kepo bagaimana rasanya jadi pengusaha, cobalah untuk menjadi pengusaha. Cobalah dari hal terkecil yang bisa kamu lakukan, jangan takut untuk memulainya!

Tidak semua yang kita coba akan membuahkan hasil seperti yang dibayangkan. Adakalanya kita mesti mengalami kegagalan. Tidak perlu takut yang berlebihan, karena itu merupakan hal yang wajar. Karena ketika kita sudah berani mencoba, akan ada dua kemungkinan, yaitu GAGAL atau BERHASIL. Namun jika tidak pernah mulai mencoba, kemungkinannya hanya satu, yaitu PASTI GAGAL.

Seandainya nanti kita gagal, setidaknya kita telah melewati satu fase, dimana kita telah berhasil mengalahkan rasa takut yang membelenggu diri. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kita ambil untuk dipelajari agar dalam percobaan selanjutnya bisa lebih baik.

Seiring berjalannya waktu, tanpa kita sadari ketika kita sudah berani memulai untuk mencoba, selanjutnya akan ketagihan mencoba untuk kedua kalinya dan melakukan percobaan lagi yang berikutnya hingga mencapai keberhasilan. Hal ini datang karena kita sudah berani melangkah untuk mencoba.

Opini ini pernah aku terapkan dalam diriku sebelumnya. Namun, dalam beberapa waktu terakhir ini aku sempat kehilangan keberanian dalam mencoba hal baru. Tetapi aku mulai sadar, sampai kapan terus-terusan begini? Apakah hanya segini saja yang bisa ku lakukan? Tidak! Masih banyak impian yang belum dicapai, aku akan mencoba lebih banyak lagi hal baru yang positif dan produktif untuk hidup yang lebih baik. Begitu juga dengan kamu, cobalah hal baru yang ingin kamu coba. Jangan takut! Percaya deh...


Thumbnail ➠ https://www.pexels.com/photo/man-swimming-in-the-ocean-7866233/

Postingan Terkait

14 komentar:

  1. Memang ga semudah yang dibayangkan ketika seseorang punya nyali untuk melakukan sesuatu (positif ya). Terkadang ada rasa takut gagal, takut salah atau apapun. Namun seandainya ketakutan itu ada terus dalam diri kita, kita ga bakalan tau dan mendapatkan hasil kayak apa. Yang penting berdoa dan berusaha, itu namanya ikhtiar. TFS.

    BalasHapus
  2. iya ga kemana-mana, masih corona..tapi berusaha tetap mesti semangat, berani mencoba harus itu! Kalau aku sih sari hal kecil dulu, misal ngeblog...dulu kadang membatasi hanya nulis tema tertentu, saat pandemi coba nulis beraneka tema dan bisa ternyata. Meski blogku gado-gado jadinya

    BalasHapus
  3. Terkadang saya suka enggan mencoba hal baru kalau berada di zona nyaman. Malas menerima kegagalannya. Padahal sebetulnya penasaran banget. Memang betul ya sesekali harus berani mencoba. Tetapi, tentunya jangan gegabah.

    BalasHapus
  4. Ingatlah teman! Di mana ada kemauan, di situ ada jalan! Suka banget kutipan ini. Semangat!

    BalasHapus
  5. Aku selalu ingat pesan positif ini, "Lebih baik gagal karena sudah mencoba, daripada menyesal karena nggak coba." Dan ya, kalau kita nggak coba, kita nggak akan tau kan apa yang akan terjadi di depan.

    Makanya, aku suka bikin list hal-hal apa aja yang mau aku coba di dalam hidup, at least sekaiii aja. Hitung-hitung tambah pengalaman juga. :D

    BalasHapus
  6. Kalau Saya lebih Suka di zona Aman, jadi kadang mencoba Hal baru adalah nomer sekian, meski kadang hasilnya Suka takjub waktu mencoba Hal baru

    BalasHapus
  7. Kalau berani mencoba hal yang membuat kita keluar dari zona nyaman, it's okay. Emang awalnya nakutin. Tapi kadang ada hal indah di luar sana ketika kita berani melangkah.

    BalasHapus
  8. Bener sih, Mas. Tapi sebelum mencoba sesuatu yang baru biasanya saya menyesuaikan dengan kemampuan dulu. Daripada malah jadi beban di kemudian hari, kan.

    BalasHapus
  9. yappp, kudu berani mencoba ya.
    pastinya dgn beragam resiko yg menghadang dan kita sudah berhitung seputar resiko itu.
    semangaatttt

    BalasHapus
  10. Saya tipikal orang realistis yang lebih bertahan berada di zona nyaman dan untuk keluar dari zona nyaman itu.

    BalasHapus
  11. semua hal positif patut kita coba agar tidak ada penyesalan diakhir. good job!

    BalasHapus
  12. Matikan keraguan dan semangatkan nyali utk bertindak. Kegagalan adalah dasar utk sukses.

    BalasHapus
  13. Wah aku baru aja nangis Bombay ini..kebayang bagaimana aku merintis komunitas pejuang mimpi..ada yang mencibir ada yang cuex dan ada juga yang semangat memberi dukungan..hari ini..sesuatu yang ngga pernah kubayangkan terjadi.. kami yang bukan siapa siapa mendapatkan kehormatan sebuah penghargaan untuk apa yang sudah kami mulai berdarah darah 😭😭

    BalasHapus
  14. Hasil akhri dari segala sesuatu ditentukan oleh tindakan yang Kita pilih untuk menyelesaikannya. Seperti dalam sebuah buku yang pernah saya baca. Hidup itu hanya C (Choice) di tengah B (birth) dan D (Death)

    BalasHapus

Tinggalkan jejak komentar yuk!
Jangan spam link aktif ya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Banner Promosi