DurfMSu0Qxmk2O77Srei8VZ6q4jtkNf1l2GZimEB

Pentingnya Scheduling Software dalam Perusahaan

Linovhr Scheduling Software

Menyusun jadwal kerja menjadi bagian dari tugas HRD. Hal ini cukup berat bagi perusahaan yang mempunyai jam operasional yang tinggi. Diperlukan ketelitian dan pengetahuan yang memadai untuk mengatur jadwal kerja sesuai regulasi ketenagakerjaan yang berlaku. Di jaman yang semakin modern, penjadwalan kerja pun bisa dilakukan secara digital menggunakan scheduling software.

Apa itu scheduling software?

Tugas HRD cukup banyak yang harus diselesaikan. Maka, hampir tidak mungkin bagi HRD untuk bertahan dengan penyusunan jadwal kerja manual. Diperlukan perangkat lunak khusus agar HRD lebih mudah mengatur jadwal kerja dalam perusahaan.

scheduling software adalah solusinya. Scheduling software adalah sebuah perangkat lunak yang dapat mengotomatisasi penyusunan jadwal kerja jauh lebih efektif dan efisien.

Manfaat Scheduling software

scheduling software memudahkan mengatur jadwal baru dalam hitungan menit. Fitur yang user friendly membuat staf HRD mampu beradaptasi dengan cepat terhadap penggunaan software. Di bawah ini adalah beberapa manfaat scheduling software yang harus diketahui perusahaan:
 

Mampu Memproses Perubahan Shift Mendadak

Kondisi tak terduga membuat karyawan mengajukan perubahan shift kerja mendadak. Penjadwalan manual dengan spreadsheet tidak dapat memenuhi perubahan mendadak ini. Karyawan harus menghubungi manajer dan HRD. Lalu, HRD akan mengubah jadwal, tetapi perubahan jadwal tidak ter-update di semua orang sehingga dapat menyebabkan kesalahpahaman. Penjadwalan yang efektif harusnya memudahkan perubahan mendadak. scheduling software dapat menjawabnya. Semua pengajuan, proses, dan persetujuan dapat dilakukan secara otomatis dalam satu sistem.

Mengolah Cuti Lebih Mudah

Karyawan yang akan mengajukan cuti biasanya akan menuliskan surat cuti lalu mengirimkannya via email. Metode ini cukup merepotkan karyawan, khususnya ketika karyawan sedang mengalami situasi mendesak seperti mendadak masuk rumah sakit atau adanya anggota keluarga yang meninggal. Namun, penggunaan scheduling software memudahkan pengelolaan cuti dibandingkan cara manual. Persetujuan cuti karyawan pun dapat dilakukan lebih cepat secara online.

Baca Juga: Hendak Melamar Kerja? Berikut Contoh Surat Lamaran Kerja!

Akses Fleksibel

Work from home banyak diterapkan di perusahaan sejak pandemi COVID-19 merebak. HRD pun akhirnya bekerja dari rumah. Lalu, bagaimana jika ada karyawan yang mengajukan cuti? Bagaimana mengelola jadwal kerja untuk karyawan yang masuk kantor dan karyawan yang bekerja dari rumah? Scheduling software dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Jarak tidak lagi menjadi hambatan dalam pengelolaan karyawan yang optimal.

Real Time

Proses real time dalam scheduling software dapat membuat semua proses dapat berjalan cepat, efektif, dan efisien hanya dalam hitungan menit. Kemudahan ini akan berdampak pada kinerja HRD yang lebih akurat dan fokus. Sedangkan bagi karyawan, tidak lagi perlu menunggu lama ketika mengajukan cuti atau perubahan jadwal dikarenakan saling menunggu persetujuan dari beberapa pihak.

Kekeliruan sepele dalam pengelolaan jadwal kerja dapat menyebabkan gangguan pada kinerja dan konflik internal antar karyawan. Kehadiran LinovHR sebagai penyedia scheduling software adalah gerbang utama dalam menjawab segala hambatan dalam pengelolaan jadwal kerja karyawan.

LinovHR adalah vendor penyedia scheduling software yang telah berpengalaman dalam mengelola sumber daya manusia dari berbagai macam karyawan. Dengan mempercayakan kami, perusahaan Anda akan diuntungkan dengan kemudahan pengelolaan jadwal kerja yang lebih efektif dan efisien. Tidak ada lagi bentrok jadwal kerja, proses cuti lambat, jadwal tidak real time, dan sebagainya yang menyulitkan HRD dan karyawan. Hubungi LinovHR sekarang juga untuk informasi lebih lanjut!
Baca Juga Yuk!

1 komentar

Hi! Jangan lupa tinggalkan komentar relevan 👌