1 September 2023

Wujudkan Penghasilan Tambahan untuk Menggapai Rumah Impian

Wujudkan Penghasilan Tambahan untuk Menggapai Rumah Impian

Kejadian yang melanda dunia beberapa tahun lalu benar-benar memporak porandakan kondisi perekonomian di seluruh dunia. Yup benar! Covid-19 telah mempengaruhi berbagai sektor menjadi kalang kabut. Namun, ada banyak hal baru bermunculan yang harus segera dipelajari. Salah satunya, mempelajari cara bagaimana wujudkan penghasilan tambahan untuk menggapai rumah impian.

Untuk bisa bertahan dari kejadian masa lalu tersebut, sebagian orang harus merelakan berbagai macam harta benda yang dimiliki seperti aset properti. Kalau kamu menjadi salah satu orang yang melakukannya, tidakkah kamu ingin mendapatkannya kembali? Atau mungkin menginginkan aset properti lainnya yang baru?

Aku rasa kamu menginginkannya, begitupun juga dengan aku sendiri dan orang lain. Kini sudah saatnya kita bangkit untuk memulai awal yang baru. Ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan bisa lebih cepat dari yang kita duga. Yang penting, kita harus segera menyusun rencana terbaik dalam menggapai rumah impian.

Rencana Menggapai Rumah Impian

Rumah Impian

1. Dapatkan Pekerjaan Utama

Pastikan kamu memiliki pekerjaan pokok. Jangan malu dengan pekerjaan yang sedang kamu tekuni saat ini. Bepapun hasilnya, selama bisa menutupi biaya hidup bulananmu ini sudah sangat baik.

Selain itu, pastikan juga menghemat pengeluaran untuk hal yang kurang penting. Aku pun juga tidak menyarankan untuk menabung. Tetapi kamu harus segera mulai berinvestasi.

Yang aku maksud bukanlah investasi saham, obligasi ataupun cryptocurrency dan sejenisnya. Tetapi investasi personal atau investasi leher ke atas untuk meningkatkan skill dan karakter diri kamu. Hal ini nantinya akan sangat berperan dalam rencana selanjutnya.

2. Belajar dan Meningkatkan Skill Baru

Jaman sekarang, suatu skill tertentu bisa dipelajari dengan mudah bahkan gratis, tetapi memerlukan perangkat yang terkoneksi internet untuk mengaksesnya. Kamu bisa memilih salah satu bidang yang kamu kuasai, lalu menentukan skill apa yang perlu dipelajari.

Karena saat ini eranya digital, aku saranin kamu memilih bidang yang berkaitan dengan dunia digital. Dengan begitu kamu bisa mengikuti perkembangan jaman dengan lebih baik, syukur-syukur kamu malah bisa mengkoneksikan berbagai hal menjadi digital. Tentu ini akan mempermudah pekerjaanmu kedepannya.

Beberapa skill digital seputar internet marketing yang sedang ku pelajari dan kamu pun juga bisa mempelajarinya:
  • Copywriting
  • Desain Grafis
  • Photography
  • Social Media Marketing
  • Programmer
  • Data Analyst
  • Website  

Sementara itu saja yang aku fokuskan untuk dipelajari. Kalau kamu ingin mempelajari skill lainnya sangat diperbolehkan. Yang penting kamu merasa nyaman dan cocok dengan pilihanmu sendiri.

Sekarang, kamu harus segera memulai investasi leher ke atas. Pastikan jangan ikut-ikutan orang lain, tentukan pilihanmu sendiri.

3. Mendapatkan Passive Income

Setelah mempelajari skill baru dan kamu merasa cocok, kini kamu harus menekuninya lebih dalam lagi hingga menjadi seorang ahli. Jangan goyah dengan hal lain terlebih dahulu, sebelum kamu benar-benar menguasainya. Fokus! Satu kata sederhana, namun nyatanya sulit dilakukan.

Ketika kamu sudah merasa menguasai skill tersebut dengan sangat baik, sudah saatnya kamu menciptakan pekerjaan baru untuk dirimu sendiri. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan passive income tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama. Ini bisa kamu lakukan di hari libur, weekend dan di sela-sela waktu sepulang kerja.

Beberapa skill yang aku sebutkan di atas tadi banyak dicari orang untuk membantu dalam pekerjaan mereka. Hebatnya, kamu bisa melakukannya tanpa terikat atau membuka kantor sendiri. Sederhananya, kamu akan mendapatkan passive income dari skill baru sebagai freelancer.

Di awal memulainya, mungkin kamu hanya mendapatkan nominal recehan. Tetapi, kalau kamu menekuninya, suatu saat kamu akan mendapatkan proyek dengan nominal besar. Bukan sesuatu yang mustahil, selama kamu terus berusaha dan meningkatkan skill.

Jika sudah berhasil, saatnnya berinvestasi di level selanjutnya. Kali ini kamu harus investasi emas, saham dan sejenisnya yang menurutmu mampu melipatgandakan uangmu. Pastikan memilih instrument investasi dengan resiko yang minim. Meskipun akan membutuhkan waktu yang lebih lama, namun langkah ini sangat aman sehingga kamu bisa tetap fokus dengan pekerjaan utama dan sampinganmu.

4. Menentukan Rumah Impian

Setelah berhasil sampai di titik sudah memiliki pekerjaan utama dan passive income yang lancar, kini saatnya merencanakan rumah impian yang kamu inginkan.

Kebanyakan orang pasti ingin membeli rumah dengan cara melunasinya secara langsung alias dibayar tunai. Kita pun juga bisa melakukannya jika bisa mengatur perencanaan keuangan dengan baik dan konsisten.

Namun, jika kamu ingin memilikinya segera namun belum bisa membelinya secara kontan, kamu bisa mengajukan KPR untuk memiliki rumah impian. Namun pastikan dulu pendapatanmu sudah di titik aman dan stabil ya, biar gak pusing nantinya.

Nah, biar kamu semakin terbantu, kamu bisa menggunakan tool dalam perhitungan kredit untuk mengetahui nominal yang perlu dianggarkan untuk mewujudkan rumah impian. Kamu bisa memanfaatkan tool simulasi KPR dengan mengakses situs Mortgagecalculator.uk

Mortgagecalculator.uk

Dengan tool tersebut, kamu bisa melihat skenario kredit sesuai kemampuan atau yang diinginkan. Ada beberapa fitur unggulan yang bisa kamu manfaatkan dari tool ini, diantaranya:

Mengetahui Nominal Dasar Peminjaman

Kamu bisa melihat jumlah dasar yang diperlukan untuk KPR rumah impianmu. Kamu hanya perlu data harga rumah, deposit atau uang muka dan tenor pembayaran.

Total Rincian Khusus Bunga

Kamu juga bisa mengecek total bunga yang harus dibayarkan selama proses KPR. Cukup masukan data yang dieprlukan sesperti data suku bunga awal, data perubahan suku bunga dan data batas suku bunga.

Jadwal Pembayaran Cicilan

Kamu bisa mengetahui jumlah cicilan bulanan yang harus dikeluarkan sekaligus bisa mengecek jadwal cicilannya berdasarkan bunga dan struktur pinjaman dasar yang diperoleh.


Itulah beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan tool dari Mortgagecalculator.uk. Selain itu, masih banyak fitur lainnya yang masih bisa kamu manfaatkan dan pelajari, salah satunya estimating affordability.

OK. Itulah beberapa tahapan yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan rumah impian. Emang gak semudah yang dibayangkan sih. Tetapi kalau kita pantang menyerah dan konsisten pasti akan ada jalan untuk menggapainya.

Ayo semangat untuk wujudkan penghasilan tambahan untuk menggapai rumah impian. Semoga kita bisa segera memiliki rumah impian dari kerja keras kita masing-masing ya!

Postingan Terkait

26 komentar:

  1. Iya nih. Sekarang aku juga lagi fokus belajar copywriting. Makasih mas atas tipsnya

    BalasHapus
  2. zaman sekarang emang kalo bisa punya kerjaan selain kerjaan utama ya. apalagi buat yg lagi usaha punya rumah sendiri. pake aplikasi ini enak ya jadinya lebih memudahkan itung-itungannya hiihi

    BalasHapus
  3. Rumah impian tercapai, dengan tekun dalam meningkatkan kualitas dan keahlian secara konsisten.

    BalasHapus
  4. Kl ada tools ini jadi makin mudah untuk cek kebutuhan berapa yg hrs ditabung tiap bulan

    BalasHapus
  5. Betul, kerja aja gak cukup. Harus bisa gali potensi untuk sampingan seperti freelance atau usaha. Syukur-syukur bisa investasi juga

    BalasHapus
  6. Membeli rumah secara tunai maupun KPR perlu direncanakan secara matang. Berusaha dan berdoa, juga konsisten dalam mengelola penghasilan intinya untuk mendapatkan rumah impian keluarga.

    BalasHapus
  7. Mari kita bekerja keras bagai quda untuk mewujudkan rumah impian 😅

    Tapi serius, memiliki pekerjaan utama dan harus disambi dengan pekerjaan sampingan itu rasanya luar biasa. Cape banget 🫣

    BalasHapus
  8. Ah, ini. Selain berhemat memang mesti nyari penghasilan tambahan sih buat mewujudkan mimpi punya rumah. Apalagi sekarang banyak jalan buat belajar skill baru.

    BalasHapus
  9. Semoga kita semua dimampukan buat membangun rumah impian buat keluarga yaa. Memang sih kudu nambah pemasukan dan hemat pengeluaran, kudu banyakin nabung juga supaya bisa mewujudkannya. Jangan lupa juga melakuan afirmasi dan berdoa supaya segera terwujud :D

    BalasHapus
  10. Betul sekali, mewujudkan rumah impian memang gak semudah yang dibayangkan. Tetapi kalau kita pantang menyerah dan konsisten pasti akan ada jalan untuk menggapainya. Bismillah

    BalasHapus
  11. Kayaknya ini sangat membantu khusus soal impian buat rumah.biar semuanya disiapkan dan dikalkulasikan terlebih dulu.

    BalasHapus
  12. Rumah yang nyaman di temani keluarga yang harmonis udah jadi impian banget hha.

    Makasih tips nya, sekarang ada gambaran buat ngegapai rumah impian.

    BalasHapus
  13. aku jg lg berjuang ini buat mewujudkan rumah impian, udah stgah jalan masih kejar setoran buat nyeleseinnya mudah2an bisa segera aamiin

    BalasHapus
  14. Asyik asyik rumah impian di depan Mata nih. Dengan punya penghasilan tambahan, mempercepat proses menuju kepemilikan. Yang penting hitungnya bener pakai mortgage calculator

    BalasHapus
  15. Bagaimana pun bentuknya rumah adalah impian semua orang, tulisan ini menjadi penyegar buat pembacanya kalo apa pun yang ingin kita capai butuh perencanaan, persiapan, action, dan kontrol diri

    BalasHapus
  16. Makasi banyak tips nya kak. Punya rumah sendiri memang impian hampir semua keluarga, smoga bisa terwujud ya dengan perencanaan dan perhitungan keuangan yg tepat

    BalasHapus
  17. Punya rumah adalah obsesiku sampai kini. Semoga kesàmpaian. Udah capai pindah-pindah kontrakan melulu.

    BalasHapus
  18. Pejuang rumah idaman wajib banget tau ini sih. Yuk semangat bareng menggapai rumah idaman. Semoga dimudahkan ya

    BalasHapus
  19. Saat covid dunia jadi kacau, banyak yang diberhentikan kerjanya, jadi kehilangan pekerjaan utama dan orang-orang tersayang. Memiliki rumah idaman impian semua orang, namun harus jelas perhitungannya. Mortgage calculator membantu sekali yaa fiturnya untuk wujudkan rumah impian.

    BalasHapus
  20. Iya nih, sekarang ada kalkulator online bisa pakai buat hitung simulasi KPR/cicilan. Aku pun juga mulai menabung buat bisa dapat rumah impian. Semangat terus kakak, semoga punya rumah impian segera terwujud ya ❤️❤️❤️

    BalasHapus
  21. Seharusnya memang dihitung dulu kebutuhannya. Biar tahu bajetnya betapa yang harus disiapkan. Klo saya dikit2 bangun rumahnya. Ga langsung jadi. Karena menyesuaikan bajetnya

    BalasHapus
  22. Semoga segala jerih payah bagi yang sedang berikhtiar punya rumah segera tercapai ya Amin YRA

    BalasHapus
  23. rasanya beli rumah terlebih lagi di jakarta, seperti suatu hal yang kayaknya susah dicapai. tapi sepertinya memang perlu harus merencanakan hal tersebut. udah ditambah mudah pula dengan program yang bisa mengekstimasi biaya rumah

    BalasHapus
  24. Masih mimpi punya rumah tanpa kpr, bisa beli cash, dan kondisi bagus. Tapi masih belum bisa up income. Kalopun kpr pasti berat karena kerjaan sekaran bukan kartap

    BalasHapus
  25. Wah kebetulan ditempatku bekerja sedang ditawarin KPR nih dari berbagi macam bank hehe tapi belum siap.

    BalasHapus
  26. Mudah2an tahun ini saya bisa memiliki rumah impian. Aamiin... mksh share ilmunya.
    Lam knl

    BalasHapus

Tinggalkan jejak komentar yuk!
Jangan spam link aktif ya!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Banner Promosi